Memanfaatkan YouTube Analytics Untuk Mendukung YouTube Marketing

Jika kamu seorang YouTuber, ataupun pemasar yang memanfaatkan YouTube, kamu perlu memanfaatkan fitur ini. 

Nama fiturnya YouTube Analytics. 

Apa itu YouTube Analytics? Mengapa perlu dimanfaatkan? Bagaimana cara memanfaatkannya? Simak ulasan lengkapnya di sini. 

Apa Itu YouTube Analytics?

YouTube Analytics adalah salah satu fasilitas di YouTube creator studio. Melalui YouTube Analytics, kita bisa mengakses data-data seputar channel YouTube kita. Contoh data yang bisa kita akses misalnya: 

  • data demografi penonton,
  • data pendapatan iklan kita, 
  • data perilaku penonton, 
  • data interaksi di channel kita (likesshare, dan komentar),
  • dan banyak lagi. 

Data-data tadi akan membantu kita untuk memahami audiens di channel kita. Nah, tentunya data tadi juga dapat dijadikan bahan evaluasi kegiatan YouTube marketing yang kita lakukan. 

Misalkan, di YouTube Analytics ada yang namanya data retensi penonton. Data  itu memperlihatkan seberapa lama penonton “betah” menyaksikan video-video kita. Dari data tersebut, kita bisa tahu seberapa tertarik para penonton dengan video kita. 

data retensi penonton di YouTube Analytics

Grafik berisi data retensi penonton di YouTube Analytics. Dari data ini, kita bisa tahu seperti apa ketertarikan penonton dari menit ke menit di tiap video.

Contoh lain kita bisa memanfaatkan data engagement di YouTube Analytics. Dari data-data engagement tersebut, kita bisa tahu seberapa baik engagement antara channel/konten kita dengan para audiens. Tentunya, data ini cukup penting dalam kegiatan YouTube marketing yang kita lakukan. 

Singkatnya, YouTube Analytics ini dapat menjadi salah satu tool untuk membantu evaluasi kegiatan YouTube marketing yang kamu lakukan. 

Atau, bagi para YouTuber, data-data dari YouTube Analytics dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk pengembangan channel YouTube. Dari data tersebut, seorang creator akan makin memahami audiens/penonton di channel mereka. 

Video berikut akan memberikan gambaran ringkas tentang YouTube Analytics.

Tutorial Menggunakan YouTube Analytics

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan YouTube Analytics? 

Di akhir Oktober 2017, PanduanYouTubeMarketing menghadirkan situs mini bernama Tutorial YouTube AnalyticsDi situs mini tersebut, kamu bisa mempelajari cara penggunaan fitur YouTube Analytics. 

Kunjungi situs mininya di sini: Tutorial YouTube Analytics

Di situs tersebut, kamu bisa mengakses materi seputar penggunaan YouTube Analytics. Jangan lupa memanfaatkan menu navigasi (di bagian atas situsnya) untuk menuju ke materi yang ingin kamu akses. 

Tampilan situs mini Tutorial YouTube Analytics.

Semoga bermanfaat. 🙂 

PanduanYouTube

PanduanYouTubeMarketing.com adalah website yang menyediakan berbagai artikel seputar YouTube marketing. Ingin belajar YouTube marketing? Mari baca tulisan di PanduanYouTubeMarketing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *