produktif-membuat-konten

Kegiatan YouTube marketing pasti tidak terlepas dari konten. Nah bicara soal konten, tentu kita ingin produktif dalam menghasilkan konten.

Untuk bisa produktif menghasilkan konten, kita perlu punya banyak ide. Lantas, bagaimana cara supaya bisa selalu punya ide konten? Dalam tulisan ini saya akan membagikan beberapa tips agar kita selalu punya ide konten. Dengan menerapkan tips-tips berikut mudah-mudahan kita semakin produktif dalam berkarya.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

1. Rutin Membuat Konten

Kita bisa karena biasa. Seseorang bisa ahli dan produktif dalam membuat konten karena ia sudah terbiasa. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan (merutinkan diri) agar produktif membuat konten.

Contohnya seperti yang saya alami. Saya sangat jarang mengalami kekeringan ide konten (khususnya ide untuk posting blog). Kenapa? Karena hampir setiap hari saya selalu menulis di blog. Ketika kita membuat sebuah konten (misal : posting blog) maka otak kita akan berpikir dan terus berkreasi.

Nah, tak jarang, ketika kita sedang berpikir dan berkreasi tadilah kita mendapatkan ide-ide untuk konten lainnya.

Misalya begini. Saya sedang mengerjakan video cara meningkatkan penjualan di internet. Dalam video tersebut saya membahas tiga aspek utama dalam meningkatkan penjualan di internet. Tiga aspek tersebut antara lain : produk yang bagus, jumlah leads yang banyak, dan tingkat konversi.

Lalu pertanyaan-pertanyaan berikutnya akan muncul. Misalnya pertanyaan :

  • Bagaimana cara mendapatkan produk yang bagus?
  • Apa itu leads? Bagaimana cara mendatangkan leads?
  • Apa itu tingkat konversi? Kenapa tingkat konversi itu penting?
  • Bagaimana cara meningkatkan konversi penjualan?

Nah dari pertanyaan-pertanyaan tadi, saya bisa mendapatkan ide baru. Jelas, semua pertanyaan di atas tidak akan cukup untuk dibahas dalam satu video. Alhasil saya harus membuat video-video lainnya.

Itulah teknik yang saya gunakan, yakni memulai dari sesuatu yang umum ke sesuatu yang khusus. Semakin lama semakin dalam. Makin dalam kita menyelam, maka makin banyak ide yang akan kita dulang.

Intinya, biasakan untuk produktif. Biasakan untuk terus berkarya. Nanti ide akan datang kepada Anda.

2. Nikmati Kegiatan Anda

menikmati-hidup

Tips kedua adalah nikmati kegiatan Anda. Kenapa? Karena ketika kita menikmati apa yang kita kerjakan, kita akan lebih santai. Pekerjaan tidak menjadi beban, tapi jadi layaknya permainan. Otak kita pun akan semakin aktif menghadirkan ide-ide kreatif.

Bagaimana cara supaya kegiatan bisa kita nikmati?

Simpel. Kerjakanlah apa yang Anda cintai. Contoh, jika Anda ingin membuat karya-karya di YouTube, maka buatlah karya-karya yang sesuai dengan kegemaran/kecintaan Anda. Misalkan kalau Anda suka videografi, suka traveling, maka buatlah video-video yang berkaitan dengan dunia traveling. Padukan skill videografi Anda dengan hobi jalan-jalan Anda.

Jadi, jangan lupa untuk menikmati apa yang Anda kerjakan.

3. Selalu Catat Ketika Dapat Ide

catat-setiap-ada-ide

Hal penting lainnya adalah selalu catat ketika Anda mendapatkan ide baru. Ide itu bisa datang kapan saja. Ide datang ketika kita mulai menggali, ketika kita mulai memikirkan sesuatu. Nah saat ide itu datang, maka catatlah ide tersebut.

Bisa Anda catat di notes, di Notepad, ataupun di aplikasi-aplikasi lainnya. Kalau saya, momen datangnya ide saat sedang mandi, sedang baca buku, sedang dalam perjalanan dan memikirkan sesuatu, sedang traveling, atau sebelum tidur. Ketika saya merasa relax, saya mudah untuk mendapatkan ide.

Intinya, catat ide Anda. Yang penting catat dulu. Soal idenya akan diwujudukan atau tidak, itu urusan nanti. Hal ini memang sederhana, tapi jika dilakukan secara rutin, dampaknya luar biasa. Dengan menerapkan ini, saya bisa menulis puluhan posting blog dan beberapa buku dalam setahun.

4. Lakukan Kegiatan-Kegiatan Inspiratif

membaca

Ide juga akan datang ketika Anda melakukan kegiatan inspriatif. Seperti apa kegiatan inspiratif ini?

Kegiatan inspiratif ini bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Bagi saya, kegiatan inspiratif saya adalah membaca buku, traveling, dan nonton film. Kadang saya juga bisa mendapatkan ide saat mengikuti suatu kelas ataupun seminar.

Bahkan, di posting Kenapa YouTuber Juga Perlu Traveling?, saya sudah bercerita bahwa ide buku YouTube Marketing datang usai saya liburan di Belitung.

Oleh karena itu, Anda perlu tahu apa yang menjadi ritual/kegiatan inspiratif Anda. Jika Anda sudah tahu, maka sering-seringlah lakukan kegiatan tersebut. Mudah-mudahan Anda akan diperkaya dengan banyak ide segar.

Nah teman, itulah beberapa tips agar kita selalu punya ide untuk berkarya. Semoga menginspirasi.

Jefferly Helianthusonfri

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment