Cara Menggunakan Google Trends Untuk Mencari Ide Video

Google Trends, salah satu tool yang dapat kita gunakan jika hendak mencari ide konten. Sebagai seorang blogger, saya kadang juga menggunakan Google Trends untuk mencari ide. Tak hanya itu, kita para YouTuber pun juga bisa menggunakan Google Trends untuk mendapatkan ide video.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara mendapatkan ide video YouTube dengan memakai Google Trends.

Fungsi Google Trends

Situs Google Trends.

Google Trends dapat kita gunakan untuk mencari tahu apa yang sedang jadi tren di pencarian Google. Setiap harinya, Google menyajikan data tentang hal-hal yang sedang jadi tren di pencarian mereka. Misalkan ketika sedang terjadi gelaran piala dunia, banyak orang-orang yang mencari seputar berita sepak bola. Nah, dengan demikian, topik sepak bola pasti akan masuk ke tren di pencarian Google.

Singkatnya, dengan memakai Google Trends, kita bisa tahu apa yang sedang ramai dicari di internet. Kita akan tahu apa yang sedang dicari oleh mayoritas warganet.

Dari sana, kita bisa saja mendapatkan ide konten. Entah itu untuk konten website, blog, konten untuk campaign, ataupun konten untuk video YouTube. Jadi, kita mendapatkan ide dengan mengamati tren di internet (salah satunya di pencarian Google).

Fitur-Fitur yang Disediakan Google Trends

Ketika artikel ini ditulis, ada tiga fitur yang disediakan oleh Google Trends. Fitur-fitur tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Trending searches. Melalui fitur ini, kita bisa mengetahui tren di pencarian Google dari hari ke hari.

Fitur penelusuran trending, untuk mencari tahu apa yang sedang jadi tren dari hari ke hari.

  • Explore. Melalui fitur ini, kita bisa mengeksplor suatu tren secara lebih mendalam. Misalkan, kita punya channel YouTube tentang resep masakan nusantara. Nah, kita ingin tahu kira-kira seperti apa ya tren pencarian topik “masakan Nusantara”. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan fitur explore. Nantinya Google Trends akan menampilkan data yang lebih mendalam seputar topik tersebut.
  • Top Charts. Melalui fitur ini, kita bisa mengamati tren dari tahun ke tahun. Contoh, dengan memilih opsi tahun 2016, kita bisa mengetahui topik apa saja yang menjadi tren di tahun 2016. Jika kita memilih opsi tahun 2015, kita bisa melihat topik-topik apa yang jadi tren di tahun tersebut.

Fitur top charts di Google Trends. Berfungsi untuk melihat tren terpopuler di tahun tertentu.

Lebih jelasnya, mari tonton video tutorial yang sudah saya siapkan.

Video Cara Menggunakan Google Trends Untuk Mendapatkan Ide Video

Di video ini, saya sudah membahas langkah-langkah menggunakan Google Trends untuk mendapatkan ide video YouTube. Yuk tonton videonya, terapkan caranya. Mudah-mudahan kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk channel ataupun videomu.

 Jika kamu suka dengan video-video tutorial semacam ini, yuk kunjungi dan subscribe di channel saya: channel Jefferly Helianthusonfri. Video terbaru akan hadir tiap Senin. 

Jefferly Helianthusonfri

PanduanYouTube

PanduanYouTubeMarketing.com adalah website yang menyediakan berbagai artikel seputar YouTube marketing. Ingin belajar YouTube marketing? Mari baca tulisan di PanduanYouTubeMarketing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *