Posting ini berisi tips menjadi content creator yang sukses. Baik kamu para YouTuber ataupun blogger, dapat menarapkan tips-tips berikut.

TIga tips tersebut antara lain:

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

  • Terus belajar (terutama belajar hal-hal yang berkaitan dengan bidang kamu). Selain itu, belajar juga cara-cara baru untuk marketing (memasarkan) karya kamu.
  • Selalu catat setiap kali mendapatkan ide. Ini akan membantu kamu untuk jadi produktif.
  • Jangan ragu untuk mewujudkan ide-idemu.

Bulan Februari 2017 lalu, saya membuat sebuah video yang ditujukan untuk member di PanduanBlogging.com. Video tersebut berjudul 3 Kebiasaan yang Akan Menjadikanmu Blogger Sukses. Tujuan video tadi untuk berbagi tips membangun kebiasaan blogger sukses.

Well, video tadi hanya berisi tips-tips yang biasa saja. Saya yakin semua orang sudah tahu. Hanya saja, tak ada salahnya untuk mengingatkan. Kebiasaan-kebiasaan baik tadi memang simple, tapi kalau dijalankan pasti akan membantu kita menjadi creator yang sukses.

Meskipun tips tadi ditujukan untuk para blogger, kita para YouTuber pun juga bisa menerapkan hal yang sama. Meski berbeda medium, kita sama-sama seorang content creator.

Selengkapnya, mari simak video berikut.

 

Ringkasan Isi Video

Berikut ringkasan video di atas.

  1. Terus belajar. Jadilah ahli di bidang tempat Anda berkarya. Kalau Anda menjadi YouTuber di bidang musik, maka jadilah ahli di bidang tersebut. Kalau Anda sering bikin video tentang tutorial desain, maka jadilah ahli di bidang desain. Selain itu, belajar juga skill-skill baru, seperti keterampilan videografi, keterampilan editing, dan sebagainya. Ketika keahlian kita tinggi, maka ada banyak ide yang bisa kita wujudukan. Belajarnya dari mana? Bisa dari baca buku, sharing bersama creator lain, baca tutorial di internet, dan banyak lagi.
  2. Selalu catat setiap kali mendapatkan ide. Adakalnya ide bisa datang tiba-tiba. Nah, setiap kali mendapatkan ide, pastikan kamu mencatat ide tersebut. Mencatat ide akan membuat kita ingat. Jadi idenya tidak terlupa sia-sia. Tak jadi soal kapan kamu bisa mewujudkan ide tersebut. Yang penting catat dulu. Hal ini pun saya lakukan. Tiap akhir pekan, saya selalu mencatat ide-ide konten apa yang hendak saya buat dalam seminggu ke depan.
  3. Wujudkan ide-idemu. Tak sekadar mencatat, tapi wujudukan ide-ide tersebut. Tak perlu pusing ide tersebut akan berhasil atau tidak. Yang penting wujudkan dulu. Selain itu, tak harus idenya diwujudkan dalam hitungan hari/minggu. Kalaupun memang belum siap, kamu bisa mewujudkan idenya dalam beberapa waktu yang akan datang (misal: beberapa bulan lagi, tahun depan, atau lainnya).

Itulah tiga tipsnya. Di luar tiga tips tadi, pasti ada banyak kebiasaan lain yang dilakukan oleh content creator sukses. Kamu punya tips yang lain? Yuk sampaikan lewat kotak komentar di bawah.

 

Jefferly Helianthusonfri

 

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment