bisnis online youtube

YouTube, merupakan salah satu media sosial yang paling populer saat ini. Besarnya jumlah pengguna YouTube menjadikan situs berbagi video ini memiliki segudang potensi bisnis.

Termasuk, kita juga bisa memanfaatkan YouTube untuk kegiatan menghasilkan uang. Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube? Bagaimana panduan langkah demi langkah memonetisasi channel YouTube Anda?

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

Mari temukan jawabannya di tulisan berikut.

Channel = Aset Anda di YouTube

Agar bisa menghasilkan uang di YouTube, Anda perlu punya channel. Kenapa? Sebab channel inilah yang akan menjadi sarana publikasi video-video Anda. Dengan kata lain, channel inilah yang akan mengalirkan uang ke kantong Anda.

Ketika Anda punya channel YouTube, Anda dapat memublikasikan video-video. Selanjutnya, ketika orang-orang menyukai video Anda, mereka akan subscribe channel Anda. Semakin banyak subscriber yang Anda miliki, maka semakin banyak peluang bisnis yang dapat tercipta.

Channel PanduanMembuatWebsite.com.
Channel PanduanMembuatWebsite.com.

Memonetisasi Channel YouTube

Untuk memonetisasi channel YouTube, cara-cara berikut dapat Anda gunakan.

  1. Memanfaatkan channel YouTube untuk promosi bisnis. Jika Anda sudah punya bisnis, maka Anda dapat memanfaatkan channel YouTube untuk promosi bisnis Anda. Contohnya seperti yang saya lakukan di channel PanduanMembuatWebsite. Di channel ini saya kerap membagikan video seputar blog, website, dan internet marketing. Di setiap video yang saya unggah, saya rutin mempromosikan produk saya (produknya berupa kursus online pembuatan website). Nah, pendapatan Anda diraih dari penjualan produk/jasa Anda.
  2. Bekerja sama dengan sponsor. Ketika channel Anda punya banyak subscriber, maka Anda dapat mengundang perusahaan/bisnis tertentu untuk menjadi sponsor Anda. Dengan demikian brand si sponsor dapat ditampilkan di video yang Anda buat. Jika memakai cara ini, maka channel Anda akan menjadi sebuah media. Orang-orang yang mau beriklan, perlu membayar Anda.
  3. Menayangkan iklan Google AdSense untuk YouTube. Anda juga bisa mengaktifkan fitur monetisasi di channel Anda. Jika fitur ini diaktifkan, maka channel Anda akan menayangkan iklan Google AdSense khusus YouTube. Selanjutnya, dari sana Anda bisa mendapatkan komisi iklan dari Google AdSense. 
  4. Melakukan affiliate marketing lewat channel YouTube. Dalam bisnis online, ada satu model bisnis yang menarik dan punya potensi besar. Model bisnis itu adalah affiliate marketing. Dengan menjalankan affiliate marketing, Anda akan memasarkan suatu produk dari suatu vendor. Selanjutnya, ketika produk tadi terjual, Anda akan mendapatkan komisi penjualan. Nah, dalam memasarkan produk afiliasi Anda juga bisa memanfaatkan channel YouTube.

Langkah-Langkah Memonetisasi Channel YouTube

Secara umum, berikut langkah-langkah memonetisasi channel YouTube Anda.

  1. Menentukan channel yang akan Anda buat. Anda harus tahu channel Anda akan fokus di bidang apa. Istilahnya, Anda menentukan niche Anda. Anda mau fokus membuat video-video apa? Contoh, channel PanduanMembuatWebsite.com difokuskan untuk publikasi video-video seputar blog marketing, pembuatan website, dan bisnis online. Setelah menentukan niche Anda, maka mulailah membuat channel YouTube Anda.
  2. Rutin memublikasikan video yang bermanfaat. Setelah channel Anda jadi, maka isilah channel Anda dengan video-video yang berkualitas. Hadirkan video yang sesuai dengan kebutuhan target audiens Anda. Contoh, kalau Anda mau fokus pada niche komedi/hiburan, hadirkanlah video-video seputar hiburan tadi. Rutinlah membuat video-video seputar hiburan. Jika Anda fokus di niche hobi tertentu (misal hobi otomotif), maka fokuslah menyajikan video-video seputar otomotif.
  3. Mulai promosikan channel Anda. Agar channel Anda punya banyak subscriber, channel tersebut harus dipromosikan. Makin banyak publikasi yang didapat oleh channel Anda, maka channel Anda akan semakin dikenal. Dengan demikian, akan semakin banyak orang yang menjadi pelanggan channel Anda. Publikasi/promosi channel dapat Anda lakukan lewat berbagai media. Bisa melalui akun media sosial yang Anda miliki, bisa melalui iklan yang Anda pasang, lewat blog Anda, dan lain sebagainya. (Baca juga : Cara Mendapatkan 100 Subscriber Pertama di YouTube.)
  4. Mulailah lakukan monetisasi sesuai model bisnis yang Anda pilih. Setelah channel Anda punya subsciber, maka mulai jalankan model bisnis Anda. Bagi Anda yang memanfaatkan channel YouTube untuk jualan online, maka mulailah memanfaatkan video-video Anda untuk promosi produk. Bagi Anda yang hendak menjalankan program Google AdSense untuk YouTube, maka mulailah mengaktifkan fitur monetisasi di channel Anda. Aktivasi fitur monetisasi dapat dilakukan lewat menu channel > status and features. Menu ini bisa Anda akses di creator studio channel Anda.

monetisasi YouTube

Terus kembangkan channel Anda. Setelah Anda melakukan monetisasi, terus kembangkan channel Anda. Tingkatkan jumlah subscriber Anda, perbanyak video yang Anda unggah, dan terus tingkatkan pendapatan Anda.

Secara umum, itulah tahap-tahap dalam memonetisasi channel YouTube. Agar meraih hasil yang diinginkan, memang butuh waktu dan proses. Proses paling utama adalah saat Anda mengembangkan channel Anda. Saat Anda terus memproduksi konten dan meningkatkan jumlah subscriber.

Jika subscriber sudah banyak, maka semua peluang bisnis di YouTube dapat Anda coba. Anda tinggal memilih model bisnis yang tepat, lalu Anda bisa menghasilkan uang dari YouTube.

Klik di sini jika Anda ingin dipandu langkah demi langkah meraih banjir order lewat YouTube.

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

5 Comments

  • Filobuku - Review dan Rekomendasi Buku
    Posted 11/12/2016 10:49

    Terima kasih atas informasinya.
    Mudah-mudahan saya bisa menerapkan hal tersebut.

    Salam.

  • inflazz.Com
    Posted 02/02/2018 09:06

    Selamat Sore. Dapat dari socmed saya mampir ke blog ini, setelah menghabiskan waktu cukup lama membqca ternyata konten-kontennya sangat informatif dan banyak tulisan yang sangatlah banyak manfaatnya.
    Izin komen dan sharing beberapa tulisan ke sosmed saya ya srkalian biar blog iini semakin populer.Semoga
    di tambah tulusan baru terrus ya blognya.Terima Kasih

  • Firalufias Weblog
    Posted 04/07/2018 11:23

    Artikelnya bagus sekali. Langkah-langkahnya mudah dipahami bahkan untuk pemula sekalipun. Semoga web ini semakin berkembang kedepannya. Salam.

  • oppi
    Posted 28/03/2019 12:27

    sangat menarik artikelnya, terimakasih telah menambah wawasan saya

  • vian seo
    Posted 28/03/2019 12:32

    makasih admin artikelnya sangat membantu, semoga semakin baik kedepanya

Leave a comment