Sebagai seorang YouTuber, rencana konten Youtube menjadi hal yang tak boleh disepelekan.

Pastinya Anda ingin sekali bisa punya banyak ide untuk dijadikan konten video yang menarik, bukan?

Dengan video yang banyak, Anda bisa menghasilkan views dan panen subscriber yang akhirnya bisa membuat penghasilan dari channel YouTube pun meningkat.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

Nah, untuk bisa mendukung semua keinginan tersebut, harus ada rencana konten untuk channel Youtube.

Tapi bagaimana cara membuatnya? Tak usah khawatir, simak cara dan panduan membuat rencana konten channel Youtube berikut ini.

1. Mulai dengan Ide untuk Rencana Konten YouTube Anda

Langkah pertama dalam membuat rencana konten channel Youtube, ialah mulai dengan ide konten terlebih dahulu. Jadi Anda bisa mulai mencari dan mengumpulkan semua ide yang nantinya akan digunakan dalam pembuatan konten video.

Ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk mengeksplorasi ide, di antaranya:

  • Ubbersuggest, Anda bisa menggunakannya untuk mencari ide yang berkaitan dengan video atau kata kunci yang sesuai.
  • Google Trends, Anda bisa menemukan apa yang sedang tren saat ini dan bisa jadi bahan atau ide yang menarik.
  • Quora, di sini Anda bisa menemukan berbagai macam pertanyaan yang bisa jadi inspirasi dalam pembuatan konten video Youtube. Anda bisa mengunjungi situsnya di https://www.quora.com.
  • Pinterest, ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan dan eksplorasi untuk jadi ide.

Intinya, Anda bisa mengumpulkan ide darimana saja termasuk dengan tim Anda, namun pastikan untuk mengumpulkan semua ide-ide tersebut terlebih dahulu.

2. Catat Semua Ide di Notes

Langkah selanjutnya, Anda bisa mencatat semua ide tersebut di notes atau word mapun tools yang lainnya. Jadi kalau Anda sedang berada di luar, Anda tetap bisa mencatatnya di smartphone agar ide yang didapat tidak hilang.

Selain itu, supaya ide yang sudah ada bisa terkumpul di satu tempat yang sama agar lebih mudah sewaktu nanti akan digunakan. Jadi apapun ide yang terlintas dipikiran Anda, segera catat supaya tidak lupa dan akhirnya hilang tanpa pernah dieksekusi.

3. Buat Rencana Publikasi dan Produksi

Setelah selesai mencatat semua ide yang terlintas, kini giliran membuat rencana publikasi dan dilanjutkan dengan produksi. Jadi dari ide yang ada kemudian disusun dan diubah menjadi rencana video. Selanjutnya menentukan teknis produksi video, rencana publikasinya dan lain sebagainya.

Anda bisa memulainya dengan membuat script video yang berisi tentang daftar gambar yang akan diambil untuk dijadikan sebagai video utuh. Kemudian, daftar isi dalam video tersebut dan lain sebagainya. Berikut video tutorial membuat script video YouTube.

Kesimpulan

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat rencana konten video untuk channel Youtube. Yang pertama Anda harus membuat target yang lebih jelas, misalnya saja target publikasi. Lebih lanjut, Anda harus punya rencana berapa video yang bisa dipublikasikan dalam satu minggu atau satu bulan.

Jangan lupa juga buat jadwal update secara rutin di channel YouTube Anda. Tujuannya supaya Anda termotivasi serta konsisten dalam merencanakan sebuah konten. Anda bisa menjadi seorang Youtuber yang lebih produktif dalam menghasilkan video yang berkualitas.

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment