Mungkin Anda pernah mendengar tentang Google AdSense lalu bertanya-tanya bagaimana cara dapat passive income dari situ.

Atau berpikir memangnya bisa menghasilkan income dari Google Adsense?

Agar tahu lebih jelas tentang Google AdSense dan bagaimana mengoptimalkannya untuk mendapatkan passive income, simak dulu ulasan singkatnya berikut ini.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

Sekilas Tentang Google Adsense

Google Adsense merupakan sebuah program periklanan yang disediakan oleh Google untuk para publisher di Internet. Melalui Google AdSense, Anda para YouTuber, pemilik website, content creator, ataupun pembuat aplikasi bisa mendapatkan income dengan cara menampilkan iklan dari Google.

Buat Anda yang punya website, maka Anda bisa memasang iklan di website tersebut. Nah, ketika  iklan tersebut diklik oleh pengunjung website, maka Anda pun akan mendapatkan bayaran dari aktivitas tersebut.

Dapat Passive Income dari Google AdSense

Bagi sebagian orang mungkin mendapatkan passive income dari Google Adsense adalah hal yang sulit. Tetapi sebetulnya tak sesulit yang dibayangkan, Anda hanya harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan supaya bisa punya passive incom dari Ggogle Adsense.

  • Siapkan dulu konten, mendapatkan passive income dari Google Adsense adalah hal yang mustahil jika Anda tak memiliki konten. Sebelum punya konten Anda pun harus memiliki sarana untuk memublikasikan konten tersebut. Seperti website, aplikasi maupun channel YouTube.
  • Punya banyak trafik. Agar bisa menghasilkan passive income dari Google Adsense, maka website, channel YouTube, atau aplikasi yang Anda miliki harus memiliki trafik yang bagus atau banyak.
  • Monetisasi channel YouTube, website, atau aplikasi yang dimiliki.

Berikut video tutorial yang akan memandu Anda mendapatkan passive income dari Google AdSense.

1. Siapkan Sarana Publikasi Konten

Sebelum bisa mendapatkan passive income dari Google AdSense Anda harus punya sarana pendukungnya terlebih dulu. Seperti website, channel Youtube ataupun aplikasi. Buat website atau channel YouTube atau aplikasi yang banyak dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Hal ini berguna sebagai sarana untuk memaksimalkan Google Adsense. Anda pun bisa mendapatkan idenya dari hobi, pekerjaan, keahlian dan lain sebagainya.

Setelah memiliki sarananya, kini Anda harus meningkatkan traffik di sarana yang Anda miliki tadi. Buatlah konten-konten yang banyak disukai dan bermanfaat untuk pengguna. Selain itu, Anda juga harus rajin melakukan promosi supaya trafiknya makin meningkat.

2. Daftarkan Diri di Google Adsense

Setelah anda memiliki sarana pendukung, kini gilirannya untuk mendaftarkannya ke Google Adsense. Anda bisa mengakses situsnya di https://adsense.google.com.

Saat mendaftar, pastikan untuk menaati semua syarat-syarat yang diberikan. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya.

  • Website/aplikasi/channel Youtube Anda harus memiliki trafik yang bagus dan layak.
  • Konten yang ada tidak melanggar hak cipta.
  • Khusus untuk channel YouTube, pastikan sudah memiliki subscribe minimal 1000 subscriber dan 4.000 jam tontonan.
  • Taati seluruh pedoman komunitas YouTube (khusus pemilik channel YouTube).

Setelah semua persyaratan terpenuhi, akun Anda kemudian akan direview oleh pihak Google. Proses review ini bisa berlangsung dalam jangka minggu hingga beberapa bulan. Baru setelah disetujui, Anda bisa segera memonetisasi sarana yang Anda miliki.

3. Aktifkan Iklan dan Tingkatkan Trafik

Setelah proses pendaftaran ke Google AdSense disetujui, kini giliran mengaktifkan iklan di website Anda dengan memasang kode iklan. Ketika kode iklan terpasang, pengunjung akan mulai melihat iklan Google AdSense di website Anda.

Semakin tinggi trafik website Anda semakin bagus, sebab peluang terjadinya klik pada iklan Anda akan semakin bagus. Atau kalau channel Anda punya banyak penonton, juga makin bagus. Makin banyak yang akan nonton/klik video iklan di channel Anda.

Nah, itu tadi cara dapat passive income dari Google AdSense yang bisa Anda coba. Dari mulai menyiapkan sarananya terlebih dahulu. Kemudian memonetisasi Google AdSense hingga meningkatkan trafiknya agar penonton dan peluang passive income makin tinggi. Semoga bermanfaat.

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment