Artikel ini membahas panduan rinci dan lengkap untuk melakukan optimasi SEO pada video YouTube dan channel YouTube.

Cara lengkap SEO video YouTube – Selain konten yang menarik, judul juga harus diperhatikan supaya bisa memancing klik. Dengan begitu, video akan mendapatkan views yang banyak.

Lantas, seberapa pentingkah judul dalam video YouTube? Dan bagaimana caranya membuat judul yang baik? Agar lebih jelas, simak ulasan berikut selengkapnya.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

Peran Judul Dalam SEO Video YouTube

Mengapa judul itu penting? Judul merupakan fokus utama yang pertama kali dilihat sebelum pengguna YouTube mulai meng-klik sebuah video untuk menontonnya. Selain juga pemilihan thumbnail yang menarik tentunya. Itulah sebabnya, membuat judul video yang menarik sangat penting bagi seorang YouTuber.

Namun, apakah hanya judul saja yang penting dan mempengaruhi jumlah penonton sebuah video YouTube? Tentu tidak, masih ada banyak faktor lainnya yang membuat sebuah video punya banyak views, berikut di antaranya.

  1. Popularitas channel, semakin populer sebuah channel YouTube maka akan membuat setiap video yang diupload akan mendapat sambutan yang bagus. Sehingga membuat YouTube merekomendasikan video tersebut untuk penggunanya.
  2. Interaksi yang ada pada video, seperti komen, share, like dan juga Semakin banyak interaksi yang terjadi di sebuah video akan membuat Youtube turut merekomendasikannya. Sehingga bisa berpengaruh pada jumlah views pada video tersebut.
  3. Jumlah subscriber, sama halnya dengan popularitas channel, banyaknya jumlah subscriber juga dapat berpengaruh pada jumlah views.
  4. Usia channel, semakin lama usia sebuah channel YouTube juga bisa menentukan berapa banyak views yang didapat dalam sebuah video.
  5. Optimasi video, seperti penulisan deskripsi video dan lain sebagainya.

Lebih detail tentang SEO video YouTube dapat Anda pelajari di video berikut.

Tips Memilih Judul yang Mendukung SEO Video YouTube

Meskipun bukan satu-satunya, namun judul yang menarik pada video juga cukup penting dan berpengaruh pada views yang diperoleh di YouTube. Nah, untuk mengoptimalkan video YouTube, berikut poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan.

1. Gunakan Kata Kunci

Cara pertama untuk membuat judul SEO untuk video YouTube ialah dengan menggunakan kata kunci yang tepat. Anda bisa menggunakan kata kunci atau keyword yang diincar dalam judul video tersebut. Sebelum itu, Anda dapat membuat daftar keyword yang diincar. Kemudian pilih salah satu keyword tersebut untuk digunakan pada judul video yang dibuat.

2. Pakai Kata-Kata yang Menarik

Selain penggunaan keyword, Anda juga harus memperhatikan pemilihan kata yang menarik dalam judul video. Misalnya saja, penggunaan kata seperti ampuh, murah, rahasia, cepat, hemat dan lain sebagainya. Penggunaan kata-kata tersebut bisa angat menarik untuk segmen tertentu. Sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan target penonton video Anda.

Selain itu, tak ada salahnya juga untuk menggunakan kata-kata yang bermakna hiperbola. Anda bisa menggunakan pmilihan kata hiperbola secara tepat.  Permainan kata-kata tersebut bisa membuat orang penasaran dan tertarik untuk klik video Anda.

Disamping itu, Anda juga bisa melihat judul-judul dari media online sebagai inspirasi penulidan judul video yang menarik.

3. Gunakan Angka

Selanjutnya yang tak kalah penting dalam penulisan judul ialah angka. Seperti yang kerap dilihat dari banyak media online, penulisan judul pasti tak lepas dari angka. Misalnya saja, “3 Cara Mudah…” atau “5 Tips Jitu…” dan lain sebagainya.

Selain angka, Anda juga bisa menawarkan kata-kata solusi dalam judul video yang Anda buat. Pemilihan angka dalam sebuah judul, secara psikologis memberikan sebuah solusi yang dibutuhkan penonton. Sehingga penonton akan lebih tertarik untuk klik pada video tersebut, karena melihat solusi yang ditawarkan.

4. Ajukan Pertanyaan

Cara membuat judul video selanjutnya ialah dengan formula judul yang memancing pertanyaan. Setelah mulai ada ketertarikan, kemudian baru tawarkan solusi yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Formula ini sangat sering digunakan dalam model penulisan judul artikel di media online, dan tak ada salahnya untuk menerapkannya untuk judul video YouTube Anda.

Tips Menulis Deskripsi Video

Setelah tahu bagaimana caraya memilih judul yang tepat untuk video YouTube, selanjutnya gilirian menulis soal deskripsi video. Di beberapa channel YouTube besar, deskripsi video memang bukan yang paling penting.

Namun, sebagai YouTuber pemula dan belum banyak dikenal, maka penulisan deskripsi video yang menarik menjadi cukup penting. Berikut tips untuk menulis deskripsi  dalam video YouTube untuk mendukung optimasinya.

1. Gunakan Paragraf Pembuka yang Menarik

Saat menuliskan deskripsi video, perhatikan kalimat di paragraf awal. Dua kalimat pertama di paragraf tersebut menjadi sangat penting, karenanya buat dengan kata-kata yang semenarik mungkin. Seperti kalimat pertanyaan, atau kalimat yang mengandung kata kunci yang diincar.

Mengapa begitu? Karena, penonton kebanyakan hanya akan melihat di dua kalimat di paragraf awal saja ketika membuka channel YouTube Anda. Sehingga, dengan mengoptimalkannya maka jumlah views di video YouTube Anda dapat meningkat.

Contoh penulisan paragraf awal untuk deskripsi video.

2. Jelaskan Isi Video Secara Umum

Setelah menulis paragraf awal yang menarik, selanjutnya Anda juga harus menjelaskan isi tentang video secara umum. Supaya, penonton punya sedikit gambaran tentang video yang Anda buat. Untuk itu, berikan gambaran secara singkat mengenai isi video, termasuk poin-poin penting yang ada di dalamnya.

Dalam penulisan deskripsi video ini juga ada sisi positif dan negatifnya, jadi harus disikapi dengan baik. Sisi positifnya, akan membuat penonton jadi lebih tahu dan tertarik untuk menonton video tersebut. Namun jika ternyata tema video kurang menarik, dari deskripsi saja penonton sudah tahu isinya apa dan tidak tertarik lagi untuk menonton video YouTube tersebut.

Deskripsi yang menjelaskan isi video.

3. Manfaatkan Untuk Promosi

Bukan cuma untuk menuliskan informasi umum, di dalam deskripsi Anda juga bisa melakukan promosi bisnis Anda. Bisa dengan mencantumkan media sosial Anda maupun website yang Anda miliki. Agar lebih efektif, Anda bisa mencantumkan link aktif yang mudah diakses pengunjung.

Tips Menulis Tags yang Tepat

Bukan hanya penulisan deskripsi, Anda juga harus memperhatikan penulisan tags yang tepat pada video YouTube yang Anda buat. Berikut tips mudah menulis tags, di antaranya.

  1. Pikirkan kata kunci yang berkaitan dengan isi video,
  2. Cek lagi kata kunci yang menarik menggunakan Google Keyword Planner dan Ubersuggest,
  3. Manfaatkan kata kunci yang direkomendasikan di kolom pencarian YouTube.
  4. Manfaatkan kolom pencarian Google untuk mendapatkan kata kunci yang relevan.

Nah itu tadi cara lengkap SEO video atau channel YouTube yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimasi video agar membuat views meningkat. Semoga bermanfaat.

 

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment