Ide adalah bahan baku untuk berkarya di YouTube. Tanpa adanya ide, kita bingung harus membuat video apa. Namun tak perlu khawatir, kali ini kita akan bahas cara mudah dan cepat mencari ide video ataupun ide untuk channel YouTube.

Dalam membuat konten video YouTube tentu Anda butuh ide yang fresh agar bisa menghasilkan video YouTube yang menarik dan berhasil memikat penonton.

Nah, dalam mencari ide ada satu situs yang bisa Anda gunakan yakni SocialBlade. Di situs ini Anda bisa menemukan banyak ide-ide menarik untuk diaplikasikan dalam pembuatan video maupun channel YouTube Anda. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut selangkapnya.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

Cara Mudah dan Cepat Temukan Ide Pakai SocialBlade

Situs SocialBlade dapat Anda gunakan untuk mencari referensi dan inspirasi dari berbagai channel YouTube lain.

Pertama, Anda bisa masuk terlebih dahulu ke situs Socialblade dengan klik Socialblade.com. Di situs ini Anda bisa mendapatkan data lengkap tentang sebuah channel YouTube atau channel yang ada di jajaran channel teratas di kategorinya masing-masing.

mencari ide pakai socialblade

Di bagian menu ada pilihan Top List, di menu ini ada berbagai macam sosial media yang mungkin Anda butuhkan untuk mencari ide untuk video YouTube. Untuk fokus ke ide video Youtube Anda bisa klik opsi YouTube, kemudian akan muncul menu-menu daftar YouTube terpopuler, baik berdasarkan negara, maupun kategori video.

Dari situ Anda bisa melihat daftarnya dan menguliknya satu per satu untuk menemukan ide yang enarik. Misalnya, pilih salah satu opsi 500 Channel YouTube teratas. Di situ akan terlihat berbagai channel yang paling populer dalam 30 hari terakhir.

Anda bisa scroll dan mencari, kira-kira channel YouTube seperti apa yang sedang hits dan digemari saat ini hingga statistik dari channel Youtube tersebut. Kemudian Anda bisa melihat dan mempelajari isi dari chanel YouTube tersebut di opsi User Video.

Di opsi tersebut Anda bisa mengetahui konsep video seperti apa yang mereka buat, target views mereka. Dari situ, Anda bisa mendapatkan ide yang cocok untuk channel Youtube Anda sendiri. Lebih detailnya Anda bisa simak video tutorial berikut ini.

Temukan Ide Video atau Channel YouTube Lokal

Selain mendapatkan ide dari channel YouTube mancanegara, Anda juga bisa menemukan bebagai channel YouTube yang populer di Indonesia. Caranya cukup memilih kategori negara, dan pilih Indonesia. Dari situ, Anda bisa tahu apa sih yang sedang trend dalam 30 hari terakhir di YouTube Indonesia.

Anda juga lebih bisa tahu selera dari penonton Youtube di Indonesia, channel seperti apa yang menarik untuk mereka. Nantinya Anda bisa mengolah semua informasi tersebut dan menjadikannya ide yang sesuai untuk membuat video atau channel YouTube Anda sendiri.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan opsi kategori video teratas untuk menemukan ide video menarik yang sesuai dengan kategori channel YouTube Anda sendiri. Anda bisa masuk ke menu Top List dan pilih opsi YouTube Top Categories, untuk menemukan kategori yang sesuai.

Misalnya saja Anda ingin membuat video tutorial, coba pilih opsi How to & Style. Dari menu tersebut Anda akan menemukan banyak daftar channel YouTube teratas dengan video tutorial menariknya. Sehingga bisa mendapatkan ide yang sesuai untuk video tutorial Anda. Atau bisa juga dengan mengeksplor menu di list yang ada. Sehingga bisa mendapatkan ide menarik sesuai kebutuhan channel  Anda.

Nah, itu tadi cara mudah dan cepat mencari ide video atau channel YouTube dengan bantuan situs Socialblade. Semoga bisa membuat Anda lebih kreatif dalam menemukan ide video atau channel yang cocok dengan karakter Anda.

Mencari Ide YouTube Pakai Google Trends

Tool lain yang juga bisa Anda gunakan untuk mencari ide channel ataupun ide video adalah Google Trends. Cara mencari ide video pakai Google Trends dapat Anda simak di tutorial berikut.

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment