cara termudah menjadi youtuber

Anda ingin jadi YouTuber terkenal yang punya banyak pengikut setia dan bisa menghasilkan income mengejutkan setiap bulannya? Atau ingin mempromosikan bisnis ataupun produk dan jasa supaya bisa menghasilkan konversi penjualan sesuai target?

Jangan khawatir, karena ada cara termudah jadi Youtuber untuk pemula yang sangat lengkap dan juga jitu. Mau tahu seperti apa? Simak caranya berikut ini.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

1.  Dapatkan Ide Channel Dulu

Cara termudah jadi YouTuber yang pertama adalah mendapatkan ide channel terlebih dahulu. Jadi Anda bisa mulai menemukan ide apa yang cocok dan menarik untuk membuat konten video YouTube. Ide ini bisa Anda ditemukan melalui hobi, kesukaan, pekerjaan, ataupun kegiatan Anda sehari-hari.

Misalnya saja, Anda punya hobi yang berkaitan dengan dunia kopi. Maka Anda bisa mencoba membuat video yang berkaitan dengan kopi, jenis-jenis kopi, review tempat ngopi, atau tutorial buat kopi kekinian yang lagi hits dan lain sebagainya.

Anda bisa menemukan ide yang berhubungan erat dengan kehidupan Anda, sesuatu yang Anda sukai dan nikmati. Lalu catat semua ide atau tema-tema menarik yang terpikirkan untuk kemudian dieksekusi jadi tema video di channel YouTube Anda.

Selain itu, Ada juga bisa mencoba mencari referensi dari video yang dibuat oleh YouTuber lain. Caranya, Anda bisa berkunjung ke website www.statfire.com, di sana Anda akan menemukan banyak referensi ide untuk membuat konten video YouTube yang menarik. Ini video tutorial cara mencari ide video pakai Statfire.

2.  Buat Rencana Video

Setelah menemukan ide untuk video Youtube, selanjutnya Anda bisa mulai merencanakan video seperti apa yang ingin dibuat nantinya. Pertama, temukan ide video. Pikirkan ide video apa yang bisa menarik perhatian. Ketika sudah menemukan ide, catat dulu satu per satu di catatan tersendiri. Kemudian buat planning rencana konten untuk channel Youtube yang ingin dibuat.

3. Siapkan Software dan Peralatan

Cara selanjutnya, siapkan software dan juga peralatan yang dibutuhkan untuk membuat video. Untuk pemula, tak perlu menyiapkan software atau peralatan yang harganya mahal. Dengan budget minim, Anda tetap bisa membuat video yang menarik. Salah satunya dengan menggunakan software editor video gratis seperti Active Presenter.

Selain gratis, software ini juga cukup mudah digunakan, ditambah lagi fitur-fiturnya juga sangat mendukung untuk bisa menghasilkan video yang ciamik dan tak kalah keren. Selain memanfaatkan software editing video gratis, Anda juga bisa meminimalisir budget dengan menggunakan kamera handphone untuk melakukan perekaman video.

Untuk pendukung pengambilan video dengan kualitas suara yang bagus, Anda menggunakan alat tambahan seperti clip on. Anda bisa membelinya di Tokopedia atau Bukalapak, di sana tersedia clip on dengan harga yang terjangkau dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.

4. Buat Script Video

Hal yang tak kalah penting sebelum membuat video agar hasilnya jadi lebih menarik, ialah pastikan agar membuat script video terlebih dulu. Mengapa? Hal ini bertujuan supaya Anda bisa lebih mudah dalam melakukan perekaman gambar atau video.

Dengan script, Anda bisa lebih tahu apa yang akan diucapkan saat berada di depan kamera  dan paham apa saja yang harus di bahas. Sehingga, video yang dihasilkan bisa lebih tertata dan Anda tidak terlihat blank di dalam video tersebut.

Script ini berisi banyak hal, dari mulai poin yang ingin dibahas di video, gambar seperti apa yang ingin direkam, musik atau latar suara seperti apa yang ingin ditampilkan. Selain itu, Anda juga tahu gambaran detail dari video yang akan dibuat.

Script ini akan sangat membantu Anda dalam proses produksi video, jadi pastikan Anda sudah tahu caranya bikin script video sebelum mulai merekam gambar.

5. Rekam Gambar dan Lakukan Editing

Setelah proses membuat script video selesai dilakukan, step selanjutnya Anda bisa langsung ke proses perekaman gambar dan editing. Tips merekam video untuk Youtuber pemula, salah satunya ialah dengan mengumpulkan semua stok video rekaman yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian lakukan langkah editing dengan teliti.

6. Publikasikan Video di YouTube

Ada banyak hal yang harus dilakukan dalam mempublikasikan video di Youtube supaya video tersebut bisa menarik perhatian pengunjung dan subscriber.

  • Pertama, gunakan judul video yang menarik dan memancing klik dari pengunjung.
  • Gunakan juga thumbnail yang menarik dan lengkapi video dengan deskripsi yang singkat jelas dan padat. Jangan lupa pastikan gunakan tags yang tepat sesuai dengan target yang diincar. Lengkapi juga video yang Anda buat dengan teks yang jelas.
  • Jangan lupa untuk mempromosikan video dengan membagikannya ke berbagai media sosial yang Anda miliki, agar video yang Anda buat bisa dilihat lebih banyak orang.

7. Terus Kembangkan Channel

Setelah mengupload video di YouTube channel Anda, jangan berhenti. Terus lanjutkan dan konsisten untuk mengupload video-video menarik yang lainnya. Anda bisa melakukan penjadwalan upload video, seminggu sekali dan lakukan dengan konsisten.

Anda harus bisa membuat target untuk bisa mendapatkan 1000 subscriber terlebih dahulu. Mengapa demikian? Sebab, jika channel YouTube Anda sudah punya 1000 subscriber dan 4.000 jam tontonan, maka channel Youtube Anda bisa mengikuti YouTube Partner Program. Program ini nantinya bisa membantu Anda untuk memonetisasi channel Youtube yang Anda buat tadi.

8. Monetisasi Channel Youtube

Pernah melihat video Youtube yang banyak iklannya? Nah, disitulah letak monetisasi dan peluang Anda mendapatkan penghasilan. Setelah mendapatkan 1000 subscriber, Anda baru bisa mendaftarkan channel Youtube ke Youtube Partner Program.

Anda harus lolos seleksi terlebih dulu untuk bisa masuk ke program tersebut dan menampilkan iklan di video yang Anda upload. Selain memonetisasi channel YoTtube, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai sarana promosi untuk mengenalkan produk maupun bisnis yang Anda jalankan. Jadi Anda bisa menghasilkan pendapatan dari channel YouTube tersebut.

Nah, itu tadi cara termudah jadi Youtuber untuk pemula yang cukup lengkap. Semoga berhasil dan selamat mencoba.

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment