Bagi seorang pemula yang baru saja mulai membuat channel YouTube, membuat video yang bagus mungkin terasa sedikit membingungkan. Banyak hal yang perlu dipahami dalam membuat video dengan kualitas yang bagus dan ide yang fresh.

Tapi jangan khawatir, membuat video YouTube sebetulnya tak serumit yang dibayangkan. Ingin tahu bagaimana caranya? simak langkah-langkah mudahnya berikut ini.

Di artikel ini, kita akan bahas step by step membuat video YouTube untuk YouTuber pemula. 

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

Langkah Bikin Video Youtube

Pembahasan lengkap tentang step by step membuat video YouTube untuk pemula bisa Anda simak di video berikut.

Jika dirangkum, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Temukan Ide Video

Sebelum mulai membuat video YouTube, langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan mendapatkan ide video terlebih dulu. Anda bisa mendapatkan ide dari berbagai macam hal, berikut diantaranya.

  • Dari riset ide dengan bantuan tools, seperti Google Trends, Google Keyword Planner dan lain sebagainya.
  • Telusuri topik-topik yang sedang hangat dan ramai dibicarakan di internet, seperti Twitter maupun media sosial yang lain.
  • Gunakan situs Quora.com, di situs ini banyak sekali pertanyaan seru dan unik yang bisa Anda olah jadi ide konten.
  • Lihat channel milik YouTuber lainnya, dan lain sebagainya.

Simak juga beberapa video tutorial berikut untuk mencari ide konten YouTube.

Video: 5 Cara Jitu Mencari Ide Konten YouTube Untuk Pemula

Video: Cara Dahsyat Mencari Ide Konten Pakai Quora

2. Buat Konsep Video

Setelah mendapatkan ide video YouTube yang bagus, langkah selanjutnya ialah membuat konsep video. Anda bisa mengubah ide video tadi menjadi sebuah storyline atau naskah video. Nantinya, naskah yang sudah dibuat akan menjadi panduan dalam produksi video.

3. Segera Lakukan Proses Produksi

Selanjutnya, setelah naskah atau storyline siap proses pembuatan video bisa dilakukan. Anda tinggal melakukan perekaman gambar sesuai dnegan naskah yang sudah dibuat sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat video dengan stok gambar atau video gratis di Internet.

Jika demikian, maka Anda tinggal mencari stok gambar atau video yang dibutuhkan di internet. Namun, bila ingin hasil foto atau video yang lebih ekslusif, Anda bisa melakukan pembelian di situs-situs berbayar. Seperti Pixabay, Pexels.com, Video.net dan lain sebagainya.

4. Editing Video

Setelah semua proses pengambilan gambar selesai atau stok foto dan video yang dibutuhkan lengkap, lanjut proses editing video. Anda perlu “menjahit” setiap potongan gambar maupun video tersebut menjadi satu video yang utuh. Sehingga bisa memiliki cerita yang lengkap. Dengan begitu, penonton akan tertarik untuk memahami isi video yang Anda buat lebih lanjut.

5. Publikasikan Video

Setelah semua proses selesai dilakukan, Anda akan menghasilkan video yang siap diupload. Sekarang tiba waktunya untuk mempublikasikannya ke channel YouTube yang Anda miliki. Agar video yang Anda publikasikan tadi mendapatkan views yang banyak, simak tips mudahnya berikut ini.

  1. Gunakan judul yang menarik. Maksimalkan penggunaan kata-kata pada judul supaya penonton tertarik untuk klik dan akhirnya menonton video tersebut.
  2. Gunakan thumbnail yang eyecatching. Hal ini akan membuat video memiliki tampilan menarik dan memancing klik.
  3. Sebarkan video secara meluas. Anda bisa memanfaatkan blog, website maupun media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest dan lain sebagainya.

Poin pentingnya, jangan lupa membagikan dan mempromosikan video YouTube Anda secara maksimal. Agar semakin banyak penonton yang mampir dan menonton video Anda.

Nah, demikian tadi langkah bikin video YouTube untuk pemula yang layak dicoba. Dimulai dari mencari ide, membuat konsep video, memproduksi video, editing hingga proses publikasi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment