mencari ide video pakai Google Trends

Google Trends bisa jadi salah satu tool untuk mencari ide YouTube.

Pasalnya, dengan tools ini Anda bisa tahu lebih detail tentang topik yang sedang trend di internet. Anda bisa memanfaatkan salah satu fitur menarik di Google Trends, yakni fitur Top Charts.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

Seperti apa dan bagaimana cara menggunakan fitur Top Charts di Google Trends? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Inilah cara mudah mencari ide video YouTube pakai Google Trends.

Cara Mudah Mencari Ide Youtube dengan Google Trends

Untuk bisa menggunakan situs keren besutan Google ini, Anda bisa masuk ke situsnya langsung. Ketik https://trends.google.co.id di browser yang Anda gunakan. Kemudian langsung saja ke fitur Top Charts.

Singkatnya, fitur Google Trends ini akan menampilkan rangkuman berbagai topik trending di berbagai penjuru dunia dalam kurun waktu tertentu. Misalnya saja, Anda bisa mengetahui topik apa saja yang tengah trending di Indonesia di tahun 2019.

Anda bisa mencari informasinya dengan menyesuaikan periode tahun dan juga negara yang diinginkan. Dari situ Anda bisa menemukan berbagai macam informasi dan data populer sesuai kategori tertentu. Seperti data penelusuran, tokoh, lagu, selebriti, peristiwa nasional dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana caranya mendapatkan ide konten dengan fitur yang satu ini? Cara yang paling mudah pastinya dengan melakukan pengamatan. Anda bisa mengamati konten yang sedang trending sesuai dengan akun sosial media, website, blog ataupun channel YouTube milik Anda.

Selengkapnya silakan tonton video tutorial berikut: cara mencari ide video pakai Google Trends.

Menggali Ide Konten Menarik dari Top Chart di Google Trends

Anda dapat menjadikan data-data yang trending yang tersedia di fitur Top Chart sebagai topik awal untuk ide konten. Agar lebih sesuai, Anda bisa mencari angle yang sesuai dan berkaitan dengan topik yang trending tersebut.

Anda pun juga bisa riset ide konten sesuai dengan kategori yang tersedia di fitur tersebut. Misalnya saja, Anda memiliki blog atau channel YouTube yang berhubungan dengan kuliner atau resep-resep makanan. Maka Anda bisa mengamati topik dengan kategori “resep”. Kemudian, jadikan data-data yang tersedia menjadi sebuah konten yang padat dan bermanfaat. Dijamin, konten Anda akan ramai peminat.

Atau Anda punya channel YouTube dengan topik tutorial atau cara-cara membuat sesuatu. Maka, Anda tinggal mengeksplor topik yang sesuai. Kemudian, ulas topik yang sedang trending tadi agar lebih menarik sesuai dengan gaya Anda.

Bahkan, meskipun Anda belum memiliki website atau channel YouTube sekalipun, menjelajahi fitur Top Chart di Google Trends bisa memberikan inspirasi ide untuk membuat channel YouTube atau website Anda sendiri.

Anda bisa menggunakan ide-ide topik trending tersebut untuk dijadikan ide awal dari website maupun channel YouTube tersebut. Selagi Anda bisa menemukan konten menarik dan merangkumnya jadi sesuatu yang bermanfaat. Hal ini bisa jadi awal yang baik untuk mulai membuat channel YouTube sendiri.

 

 

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

1 Comment

  • Newsteen
    Posted 04/10/2020 06:00

    owh jadi pakai Top Chart yah

Leave a comment