Setiap YouTuber pemula pasti punya pertanyaan yang hampir sama. Seperti apa tips dan trik jitu mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tontonan? Mengapa ini penting? Pasalnya, hal tersebut merupakan syarat agar bisa mengikuti Youtube Partner Program.

Ketika channel Youtube Anda bisa mengikuti program tersebut, maka Anda bisa mendaatkan passive income dari tayangan iklan. Menarik bukan?

Nah, seperti apa cara mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tontonan? Simak tips dan triknya berikut ini.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

4 Cara Supaya Punya 1000 Subscriber

Angka 1000 seperti menjadi angka keramat bagi para YouTuber. Sebab untuk bisa ikut mendaftar di YouTube Partner Program, si YouTuber mesti punya paling tidak 1.000 subscriber. Tak hanya itu, mereka juga harus mengumpulkan paling tidak 4.000 jam tayang.

Pada awalnya, batas tersebut tampak sulit dan tak terjangkau. Namun percayalah, dengan formula dan strategi yang tepat, kita pasti bisa menggapai batas tersebut. Kali ini kita akan bahas cara dan strateginya untuk Anda.

1. Punya Channel YouTube dengan Branding yang Kuat

Sebetulnya tidak ada tips khusus, namun satu hal yang jelas ketika Anda ingin mendapatkan 1.000 subscriber ialah punya channel YouTube yang jelas. Artinya, Anda harus memiliki branding yang kuat untuk channel YouTube. Anda harus lebih fokus dengan satu topik atau tema secara spesifik. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menghasilkan konten yang berkualitas.

Selain itu, channel yang punya branding kuat akan lebih mudah untuk berkembang. Lebih baik fokus pada satu tema tertentu dulu. Perkuat dulu branding channel Anda.

Untuk yang butuh ide-ide keren untuk konten YouTube, Anda bisa coba tonton video ini.

2. Membuat Konten yang Memiliki Value

Selanjutnya, agar bisa mendapatkan subscriber atau menarik pengunjung untuk subscribe ke channel YouTube Anda, pastikan konten yang Anda buat harus memiliki value.

Anda bisa membuat konten yang menghibur, memberikan edukasi, atau konten-konten menarik yang lainnya. Jika sebuah video memiliki value tersebut, pastinya penonton akan dengan senang hati menonton channel YouTube Anda dan akhirnya subscribe. Jadi rahasianya, Anda harus bisa menghasilkan konten yang disukai banyak pengguna Youtube.

Lebih jelasnya silakan tonton video ini.

3. Perbanyak Jumlah Video

Setelah memikirkan soal konten, selanjutnya ialah soal jumlah jam tontonan video. Nah, agar bisa melampaui target 4.000 jam tontonan, maka Anda harus punya banyak video. Misalkan, Anda hanya punya 10 video di channel YouTube Anda, jika rata-rata video bisa menghasilkan 100 jam tontonan. Maka 10 video tadi baru bisa menghasilkan 1.000 jam tontonan.

Maka, tips jitunya ialah Anda harus menambahkan jumlah video yang Anda miliki di channel YouTube Anda. Dengan jumlah video yang semakin banyak, maka target untuk mendapatkan 4.000 jam tontonan akan semakin mudah terpenuhi.

4. Rutin Promosi dan Publikasi yang Gencar

Yang tak kalah penting selanjutnya untuk bisa mendapatkan target 1.000 subscriber ialah dengan rutin melakukan promosi. Jika Anda sudah memiliki channel YouTube dengan konten-konten yang bagus dan menarik, maka Anda pun harus membuat lebih banyak orang untuk tahu dengan channel Youtube Anda.

Caranya, Anda bisa memaksimalkan penggunaan media sosial untuk mengenalkan atau mempromosikan video di channel Anda. Misalnya saja Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Atau Anda juga bisa memanfaatkan sarana lain yang dimiliki seperti website dan lain sebagainya.

Selain itu, jangan lupa maksimalkan penggunaan judul video, buat konten yang menarik, thumbnail yang menarik.  Atau bisa juga dengan berkolaborasi dengan YouTuber lainnya yang masih berkaiatan dengan topik yang Anda miliki.

Oh iya, pelajari juga cara dan strategi optimasi video YouTube di video berikut.

Jangan lupa tampilkan ajakan untuk subscribe di channel YouTube Anda, bisa diletakan di awal video maupun di akhir video dengan menampilkan subscribe button. Dengan begitu akan memancing minat pengunjung untuk meng-klik dan akhisrnya subscribe channel Anda.

Nah, itu tadi tips dan trik jitu mendapatkan 1.000 subscriber dan 4.000 jam tontonan yang bisa jadi membantu Anda. Kunicnya ada dua hal, yang pertama ialah buat channel YouTube dengan konten yang bagus dan memiliki value. Kemudian lakukan promosi secara masssive dan berkelanjutan. Lakukan semuanya secara konsisten dan jangan gampang menyerah. Semoga bermanfaat.

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment