Mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana tips menulis deskripsi channel YouTube agar membuat channel YouTube jadi lebih maksimal.

Deskripsi channel Youtube menjadi hal yang cukup penting untuk dipikirkan. Sebab, ini akan membantu penonton untuk mengetahui detail dan deskripsi channel Anda.

Supaya lebih jelas bagaimana cara membuat deskripsi video YouTube , simak dulu ulasan berikut selengkapnya.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

Mengapa Deskripsi pada Channel Youtube Itu Penting?

Deskripsi channel YouTube itu penting. Kenapa? Karena akan memudahkan channel Youtube untuk ditemukan pengguna dalam pencarian YouTube. Jadi misalkan pengguna sedang mencari dengan keyword tertentu, YouTube akan mengarahkannya ke channel Youtube milik Anda. Jadi pastikan isi deskripsi channel Youtube Anda terisi dengan lengkap dan detail.

Tips Menulis Deskripsi untuk Channel Youtube

Ada beberapa tips dalam menulis deskripsi channel Youtube, sebelum Anda mulai mengatur deskripsi di channel Youtube Anda. Berikut info lengkapnya.

#1. Gunakan paragraf yang singkat, cukup gunakan 2 hingga 3 paragraf saja namun padat isinya.

#2. Berikan info yang detail mengenai channel YouTube Anda.

  • Nama channel, mengapa Anda memilih nama channel tersebut. Berikan sedikit cerita agar lebih menarik.
  • isi channel, channel yang Anda buat ini isinya tentang apa saja. Alhasil pennton bisa punya gambaran yang lebih detail tentang channel YouTube Anda.
  • Jadwal Update (jika ada), kapan saja Anda melakukan update video terbaru, apakah tiap hari Rabu, atau tiap Senin, atau Kamis. Tujuannya supaya subscriber Anda bisa tahu update terbaru dan tidak ketinggalan.
  • Manfaat channel, Anda bisa menjelaskan manfaat apa saja yang bisa penonton dapatkan dari video yang Anda buat. Jadinya penonton tertarik untuk subscribe channel YouTube milik Anda. Termasuk berikan info tentang bisnis Anda jika channel YouTube tersebut digunakan untuk bisnis.

#3. Cantumkan Call to Action, di bagian ini Anda bisa mengajak penonton untuk melakukan sesuatu. Misalnya saja, subscribe di channel YouTube Anda, atau melihat penawaran produk yang sesuai dengan bisnis Anda.

#4. Tampilkan alamat email atau media sosial, Anda juga bisa menambahkan alamat email aaupun akun media sosial yang digunakan. Tujuannya, supaya penonton bisa lebih mudah menemukan Anda atau terhubung dengan Anda.

Cara Mengatur Deskripsi Channel Youtube

Setelah tahu tips menulis deskripsi channel Youtube, sekarang giliran mengatur deskripsi deskripsinya. Caranya cukup gampang, Anda tinggal buka channel YouTube dan pastikan sudah login terlebih dahulu.

Kemudian klik tombol Sesuaikan Channel, lalu pilih opsi Tentang dan klik ikon pensil yang ada di kotak deskripsi untuk memulai mengedit. Anda bisa menyesuaikan isi deskripsinya sesuai tips menulis deskripsi di atas atau sesuai kebutuhan Anda. Jika sudah klik Simpan.

Nah, itu tadi tips menulis deskripsi channel Youtube dan bagaimana mengaturnya agar sesuai dengan kebutuhan. Dengan penulisan deskripsi channel yang maksimal, ini akan membantu channel YouTube Anda jadi lebih mudah ditemukan oleh pengguna Youtube.  

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment