Kamu YouTuber Pemula? Ini Tips Merekam Gambar Untuk Videomu

Dalam memproduksi video YouTube, ada lima tahap yang kita lalui. Lima tahap tersebut antara lain:

  1. Mendapatkan ide video,
  2. Membuat outline/menulis naskah video,
  3. Merekam gambar untuk video,
  4. Editing video,
  5. Publikasi video.

Jika kamu sudah punya ide video, maka kamu bisa menyiapkan naskah videomu. (Tonton dulu: Cara Mudah Menulis Naskah Video Untuk Pemula).

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

Jika naskahmu sudah siap, kamu bisa segera merekam gambar untuk video. Nah di artikel ini saya akan bahas tips-tips untuk merekam gambar video YouTube. Siap? Yuk ikuti pembahasan berikut.

Inilah 7 tips mengambil gambar untuk rekaman videomu.

Tips 1: Pakai Tripod

Pastikan kamu merekam gambar menggunakan tripod. Tujuannya agar gambarmu stabil dan tidak goyang. Terlepas kamu memakai DSLR atau kamera handphone, pastikan kamu pakai tripod ya.

Tips 2: Jangan Gunakan Fasilitas Zoom Saat Sedang Merekam

Agar kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik, upayakan kamu tidak memakai zoom. Jika ingin gambar menjadi lebih jelas dan bagus, dekatkan kameramu ke objek yang akan kamu rekam. Gunakan kakimu, bawalah kamera mendekati objek, baru kemudian rekam.

Selain itu, ketika kamu melakukan zooming saat merekam gambar, ada kemungkinan gambar akan goyang dan jadi tidak nyaman untuk dilihat.

Tips 3: Gunakan Pencahayaan yang Baik

Jika ingin praktis, manfaatkanlah cahaya dari matahari. Kamu bisa merekam video di ruangan yang memiliki cahaya alami dan terang. Jika kondisi tidak memungkinkan, gunakan bantuan pencahayaan dari lampu. Pencahayaan ini penting sekali, sebab akan mempengaruhi kualitas gambar yang kamu hasilkan.

Tips 4: Gunakan Perekam Suara Pendukung

Hindari merekam suara langsung dari kamera tanpa adanya perekam pendukung. Hal ini dapat membuat suaramu menjadi kurang jelas. Untuk itu, pakailah perekam pendukung. Kamu bisa gunakan handphone-mu, bisa pakai mic eksternal, clip on, ataupun perekam suara lainnya.

Tips 5: Gunakan Potongan Klip-Klip Pendek

Alih-alih memakai gambar yang panjang dan berdurasi lama, gunakanlah potongan klip-klip pendek. Misalkan kamu butuh gambar orang yang sedang makan bakso. Alih-alih hanya merekam orang itu selama makan, buatlah rekaman-rekaman pendek ketika ia sedang makan. Misalkan ketika ia mengambil bakso dari mangkuk, ketika ia menyuap makanan, ekspresi mukanya, dan lain sebagainya. Ambil gambar dalam bentuk potongan kilp-klip pendek. Nantinya, saat proses editing, kamu bisa susun potongan gambar tersebut.

Hal ini bertujuan untuk menimbulkan variasi gambar di videomu. Dengan demikian, penonton tidak mudah bosan.

Selain itu, dalam editing video juga dikenal istilah jump cuts. Ini dia penjelasannya.

 

Tips 6: Nanti Saja Efeknya

Saran lain yang juga bisa diterapkan adalah jangan menggunakan efek ketika merekam gambar. Gimana kalau mau pakai efek? Nanti saja, lakukan saat proses editing. Ketika merekam gambar, gunakan saya pencahayaan alami dan rekaman asli. Baru saat proses editing kita poles dan tambahkan berbagai efek yang diperlukan.

Tips 7: Gunakan Background yang Tepat

Background juga punya peran penting. Dalam kegiatan fotografi, background sangat membantu untuk menambahkan cerita dalam sebuah foto. Nah terkait video, kamu juga bisa gunakan background yang bagus untuk videomu. Jika kamu merekam video ketika kamu tampil di video, gunakanlah background yang bersih. Misalkan kamu bisa gunakan background putih.

Contoh penggunaan backrgound putih pada video.

 

Ketika kamu merekam gambar untuk stok video, pastikan lagi background gambarnya sesuai cerita yang mau kamu sampaikan dalam video.

Nah teman-teman, itulah beberapa tips dalam mengambil gambar untuk video YouTube. Selamat merekam videomu. Selamat berkreasi.

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

1 Comment

  • Jasa Branding Mobil
    Posted 10/09/2019 22:06

    Terima kasih atas tipsnya. Sangat membantu untuk para YouTuber pemula.

Leave a comment