Bagi Anda seorang YouTuber pemula, mungkin pernah bertanya-tanya ada tidakya tips merekam video supaya hasil gambarnya bagus? Bagaimana pula caranya bisa menghasilkan video Youtube yang berkualitas?

Jangan khawatir, semua kegelisahan tadi ada solusinya. Yuk simak tips merekam video untuk Youtuber pemula berikut ini.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

1. Gunakan Tripod

Tips pertama: pastikan agar selalu menggunakan tripod dalam pengambilan video. Baik saat menggunakan kamera maupun smartphone. Mengapa demikian? Supaya hasil video yang direkam bisa lebih stabil sehingga penonton bisa lebih nyaman melihatnya.

Untuk mendapatkan tripod, Anda bisa menemukannya di berbagai marketplace atau di toko-toko khusus yang menjual peralatan kamera. Meskipun Anda menggunakan smartphone, pastikan juga untuk menggunakan tripod, tripod untuk smartphone juga banyak tersedia, lho. Harganya pun cukup terjangkau.

2. Tips Merekam Video Saat Akan Zooming

Kadang saat objek terlihat terlalu jauh, sebagian orang lebih suka menggunakan fitur zoom yang ada di kamera untuk memperjelas gambar. Namun, sebaiknya hindari hal ini karena bisa membuat hasil video kurang sempurna.

Sebaiknya, dekatkan posisi kamera ke objek saat ingin mengambil gambar tersebut. Hal ini bertujuan supaya kualitas video yang diambil tetap bagus dan tidak goyang serta lebih enak dilihat.

3. Gunakan Pencahayaan yang Baik

Tips yang selanjutnya: pastikan pencahayaannya bagus. Anda bisa menyiasatinya dengan memilih lokasi atau sudut yang memiliki cahaya yang terang.

Seperti tempat yang banyak terkena sinar matahari, dekat jendela ataupun di luar ruangan. Pastikan cahaya yang dibutuhkan mencukupi, supaya hasil video menjadi lebih maksimal.

4. Gunakan Perekam Suara Pendukung

Teknologi yang ada di kamera sekarang ini memang bisa membantu Anda dalam menghasilkan video yang bagus. Namun alangkah baiknya, agar hasil video yang diambil semakin bagus dan punya kualitas suara yang baik, tak ada salahnya untuk menggunakan tools tambahan seperti perekam suara.

Tujuannya, supaya hasil rekaman suara pada video bisa lebih jelas dan nyaman saat didengar. Ada banyak tools tambahan yang bisa Anda gunakan untuk merekam suara, dari mulai smartphone, clip on, shutgun mic, boom mic dan lain sebagainya.

Anda bisa mendapatkan tools tambahan tersebut di berbagai marketplace, seperti Bukalapak atau Tokopedia. Agar suara yang dihasilkan pada video lebih baik, usahakan pilih lokasi pengambilan video yang memiliki suasana tenang. Namuan jika tidak memungkinkan, tools tambahan tadi bisa Anda gunakan.

5. Tips Merekam Video: Pakai Klip-Klip Pendek

Tips merekam video YouTube selanjutnya agar bisa menghasilkan gambar video yang berkualitas ialah dengan menggunakan teknik pengambilan gambar dengan klip-klip pendek.

  • Misalnya saja, Anda ingin mengambil adegan gambar seseorang yang sedang bekerja.
  • Anda bisa mengambil gambar dengan pembagian tiap-tiap part. Anda bisa gambar keseluruhan, kemudian gambar gerakan tangan, gambar ekspresi tiap tokoh, gambar laptop dan lain sebagainya. Nah, pastikan pengambilan gambar di tiap part tadi, jangan terlalu lama.

Cukup, antara 10 hingga 15 detik saja. Namun, jumlah stok shot gambar tadi cukup banyak. Alhasil Anda punya banyak variasi gambar dan penonton tidak merasa bosan karena xuma meliha satu gambar saja. Jadi Anda bisa kombinasikan gambar dan membuatnya jadi lebih variatif.

6. Tips Merekam Video: Siapkan Daftar Belanja Gambar

Sebelum merekam video YouTube, ada baiknya untuk mempersiapkan script video lebih dahulu. Isi dari script tersebut bisa bermacam-macam, dari mulai alur video, daftar gambar yang ingin diambil, daftar musik atau narasi yang akan diletakan di video dan lain sebagainya.

Satu hal yang pasti, Anda harus punya rencana ingin membuat video yang seperti apa dan bagaimana. Tujuannya, agar proses pengambilan gambar untuk video YouTube Anda jadi lebih gampang. Inilah video tutorial membuat script video YouTube.

7. Gunakan Background yang Tepat

Ketika Anda akan tampil di kamera, perhatikan pemilihan background yang akan digunakan dan pastikan cocok dengan karakter Anda. Misalnya, background yang berwarna putih, bersih atau background yang sesuai dengan cerita yang ingin ditampilkan.

Misalnya Anda ingin menceritakan tentang liburan, maka background yang cocok adalah gambar-gambar pemandangan. Tujuannya, supaya penonton bisa mendapatkan cerita yang lebih detail. Dan utamakan supaya gambar yang bisa bercerita banyak hal bukan cuma dari narasi yang diberikan.

Nah, itu tadi tips merekam video YouTube agar bisa menghasilkan video berkualitas sesuai keinginan. Semoga bermanfaat.

 

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment