Anda pasti bertanya-tanya, apa sih tools dan aplikasi keren yang digunakan seorang YouTuber yang andal? Bagaimana pula, mereka bisa terus produktif dengan konten-konten yang menarik?

Kuncinya ada pada tools dan aplikasi yang mumpuni. Dengan dukungan tersebut, kegiatan sebagai YouTuber bisa jadi makin mudah dan bisa menghasilkan konten video yang menarik. Penasaran apa saja tools dan aplikasinya? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

Inilah 5 tools andalan untuk jadi YouTuber sukses.

1. Software Editor Video

Tools dan aplikasi keren untuk jadi seorang Youtuber sukses ialah software editor video. Setidaknya ada dua tools andalan yang sangat direkomendasikan untuk  membantu Anda dalam editing video agar bisa menghasilkan video yang semakin keren.

Kedua tools tersebut ialah Filmora dan  Active Presenter. Filmora merupakan aplikasi editing video yang sangat ringan dan mudah digunakan, jadi sangat cocok untuk para pemula. Selain itu, di dalamnya juga dilengkapi dengan berbagai macam efek yang menarik, sehingga membuat proses editing video jadi menyenangkan.

Sedangkan, Active presenter sangat cocok digunakan untuk membuat video tutorial dan juga video screencast. Selain itu, software yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk editing video simpel jadi semakin menarik.

Setiap YouTuber pasti memiliki software favoritnya masing-masing untuk melakukan editing video. Anda bisa menggunakan tools dan aplikasi editing yang sesuai dengan karakter Anda sendiri. Namun, kedua tools tersebut memiliki kelebihannya sendiri.

Salah satunya ada pada penggunaannya yang sangat mudah, bahkan bagi Anda yang awam tentang editing video sekalipun. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya secara gratis terutama software Active Presenter.

2. Canva.com

Mendengar namanya, Anda pasti sudah sangat familiar dengan tools yang satu ini. Canva sendiri merupakan sebuah platform yang bisa digunakan untuk melakukan editing grafis pada video. Terutama untuk membuat thumbnail atau mengedit cover video agar semakin menarik.

Tools yang satu ini bisa diakses dengan mudah, baik menggunakan aplikasi di smartphone maupun masuk ke situsnya di https://www.canva.com untuk membuat thumbnail yang bagus sesuai kebutuhan. Jadi Anda bisa tak perlu repot-repot membuat grafis. Dengan Canva, Anda bisa menciptakan grafis yang lebih menarik untuk cover video Youtube maupun thumbnailnya.

Tonton juga video tutorial ini ya…

3. Youtube Audio Library

Tools dan aplikasi keren selanjutnya yang bisa digunakan untuk jadi seorang YouTuber andal ialah Youtube Audio Library. Agar membuat video jadi semakin dramatis, tentu Anda membutuhkan musik atau efek suara yang cocok dengan video tersebut, bukan?

Dengan tools yang satu ini Anda bisa mendapatkan beragam koleksi musik latar maupun efek suara yang sangat beragam untuk konten video YouTube. Selain itu, Anda bisa menggunakan secara gratis. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda tinggal masuk ke Youtube Studio dan masuk ke bagian Youtube Library. Kemudian, Anda pun bisa download koleksi musik maupun audio yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Pexels.com

Selanjutnya ada Pexels.com, tools keren yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan gambar-gambar gratis sesuai kebutuhan video yang Anda buat. Jadi Anda tak harus mengambil gambari sendiri yang mungkin bisa membutuhkan waktu dan biaya yang tak sedikit.

Cukup menggunakan gambar atau video gratis yang ada di internet seperti Pexels.com,  Anda bisa membuat konten Youtube yang menarik tanpa melanggar hak cipta dalam penggunan gambar.

5. Youtube Analitycs

Ingin mendapatkan data yang detail mengenai channel YouTube Anda? Tools yang satu ini wajib Anda gunakan. Dengan YouTube Analitics, Anda bisa mengetahui tentang demografi penonton di channel Anda, data interaksi setiap video sehingga bisa mengetahui minat dari penonton Anda.

Tools yang satu ini tak cuma cocok untuk Youtuber saja tetapi juga para content creator supaya bisa menghasilkan konten yang sesuai dengan target penonton. Anda bisa mengaksesnya melalui Youtube Studio.  Dengan Youtube Analitycs, Anda bisa tahu kinerja tentang channel Youtube yang Anda kelola sehingga bisa melakukan improve yang tepat.

Nah, itu tadi 5 tools dan aplikasi keren untuk membantu Anda jadi seorang YouTuber yang andal. Dari mulai software editor video, Canva.com, hingga YouTube Analytics. Semuanya sangat penting dan dapat membantu Anda jadi YouTuber sukses.

 

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

Leave a comment