tutorial editing video

Selamat datang di artikel tutorial Active Presenter. Di halaman ini saya sudah menyediakan kumpulan video tutorial yang dapat kamu pelajari. Video-video tutorial ini akan memandumu mengedit video memakai Active Presenter.

Video tutorial ini akan membantu untuk kamu yang ingin belajar membuat video tutorial memakai Active Presenter dan belajar mengedit dan memproduksi video untuk channel YouTube.

Mau belajar editing video untuk pemula? Yuk ikuti MasterClass Editing Video dari Kelingking ID.

Apa itu Active Presenter? Apa fungsi software ini? Bagaimana cara memproduksi video memakai Active Presenter? Bagaimana cara mengedit video secara langkah demi langkah?

Temukan jawaban dan panduan lengkapnya di artikel ini.

Tentang Active Presenter

Active Presenter adalah software lengkap yang terdiri dari fitur: perekam layar komputer, editing video, dan e-learning software. Singkatnya, software ini dapat kamu gunakan untuk membuat video tutorial/merekam layar komputer. Tak hanya itu, Active Presenter juga dapat kamu gunakan untuk mengedit video, termasuk video-video untuk channel YouTubemu.

Lantas, bagaimana cara memakai Active Presenter? Bagaimana cara mengedit video memakai Active Presenter? Berikut video-video yang akan memandumu.

1. Sekilas Tentang Active Presenter

Sebelum membahas lebih jauh, mari kenali dulu tentang Active Presenter. Pengenalan tentang Active Presenter bisa kamu lihat di video berikut.

2. Cara Membuat Video Tutorial Memakai Active Presenter

Pada dasarnya, Active Presenter merupakan software perekam layar komputer. Dengan demikian, software ini dapat kamu gunakan untuk membuat video tutorial, terutama video tutorial yang berkaitan dengan aktivitas di layar komputer. Misalkan: tutorial pemakaian software, tutorial penggunaan suatu web/aplikasi, merekam slide presentasi, dan lain sebagainya.

Berikut tutorial cara membuat video tutorial memakai Active Presenter.

3. Cara Insert (Memasukkan) dan Memotong Video/Audio di Active Presenter

Ketika kamu mengedit video, kamu pasti akan menambahkan dan memotong video/audio. Proses menyusun dan “menjahit” potongan video/audio tadi pasti menjadi bagian utama dalam proses editing. Nah buat yang mau mempelajari cara mengedit video memakai Active Presenter, simak video berikut.

4. Cara Menambahkan Gambar dan Elemen Grafis Pada Video di Active Presenter

Ketika mengedit video, kita juga pasti menambahkan gambar (foto), teks, ataupun grafis lain di video. Lantas, bagaimana cara menambahkan elemen grafis di Active Presenter? Simak video tutorial berikut.

5. Menambahkan Musik dan File Audio di Active Presenter

Selain menambahkan elemen grafis, kita juga bisa menambahkan file audio pada video yang kita edit. Contoh file audio ini misalnya: rekaman suara, musik, dan lainnya. Berikut video tutorial cara menambahkan musik dan file audio di Active Presenter.

6. Mengekspor Video Hasil Editing

Setelah mengedit video, kita akan mendapatkan file video yang siap dipublikasikan. Untuk itu, di tahap terakhir kamu perlu mengekspor hasil kerjamu. Potongan klip-klip video dan audio yang sudah kamu edit perlu kamu “jahit” menjadi satu file utuh. File utuh inilah yang akan jadi video akhir. Hasil akhir yang kamu dapat berupa file video utuh dan siap dipublikasikan.

Berikut cara mengekspor video di Active Presenter.

Setelah mengekspor video, kamu akan mendapatkan file video yang siap dipublikasikan. Kamu bisa segera publikasikan video tersebut di channel YouTubemu ataupun media publikasi lainnya. 

Nah teman-teman, itulah kumpulan video tutorial Active Presenter. Sampai di sini saya berharap kamu dapat mengedit dan memproduksi video memakai Active Presenter.

Jika ada sesuatu yang kurang jelas atau ingin ditanyakan, bisa sampaikan pertanyaanmu melalui kotak komentar, atau kirimkan komentarmu ke channel YouTube saya di sini: channel Jefferly Helianthusonfri
 

Suka dengan tutorial YouTube marketing semacam ini? Yuk nonton dan subscribe di channel YouTube Jefferly Helian

6 Comments

  • Trackback: Bonus Buku Belajar Membuat Whiteboard Animation Untuk Pemula - Blog Filobuku.id
  • Jasa Pemasangan Spanduk
    Posted 10/09/2019 22:09

    Terima kasih. Ini sangat membantu untuk mereka yang mau belajar editing video.

  • Fadhil
    Posted 18/09/2019 13:38

    saya mau bertanya, kalau misalnya untuk active presenter harus berlangganan perbulan atau bagaimana gan? mohon di jawab

    • PanduanYouTube
      Posted 22/09/2019 13:56

      Tidak. Cukup instal satu kali. Mereka punya layanan yang gratis dan berbayar.

  • danny
    Posted 08/06/2020 10:51

    Tanya admin, jika saya menggunakan activepresenter yg free untuk membuat video youtube, apakah nanti bisa bermasalah dg lisensi jika video tersebut diunggah di youtube? Mohon informasinya. Terima kasih

  • Mas Darsono
    Posted 08/06/2020 23:32

    Biar suaranya rapi/gak bising, ngeditnya gemana tuh gan? 🙂
    newbie ane pake tools ini…

Leave a comment